Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Draught Survey Vessel

Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi tentang Rumus Draught Survey Vessel Dan Barge. Dan cara menghitung muatan dengan menggunakan rumus yang akan kita bahas pada kesempatan hari ini. Sebelum nya juga sudah diterangkan cara menghitung Draught Survey Vessel dan Barge. 

A. Rumus Draught Survey Vessel

Pembacaan Draught Mark Sebagai berikut :

                   Kiri      Kanan

Depan      4.56  +   4.59 = (4.56+4.59)/2 = 4.575

Tengah    5.67  +   5.71= (5.67+5.71)/2 = 5.690

Belakang 6.33  +   6.35 = (6.33+6.35)/2 = 6.340

Rumus Apparent Trim atau App. Trim๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡:

(Mean AFT - Mean FWD) = Apparent Trim

Untuk menghitung Koreksi Draught Mark diperlukan koreksi dari buku tabel Hydrostatic dari kapal. Mengapa Draught Mark perlu dikoreksi? karena setiap kapal pembuatan nya berbeda-beda dan posisi Draught mark tidak tepat pada Perpendicular ( garis Hayal). Jadi setelah menghitung Draught mark yang kita baca seperti diatas masih harus dikoreksi dan dengan rumus sebagai berikut :

Data Dari Hydrostatic Tabel :

LF   : 4.560  M

LM  : 0.860  M

LA   : 10.600  M

App. Trim : 1.765  M

LBP : 217.00 M

Light Ship : 10,225 MT

LDM/LBM : (LBP - LF - LA)-->>(217-4.56-10.60) = jadi LDM/LBM : 201.84 M

Density : 1.0195

Cara menghitung Koreksi Draught Mark :

LF : 1.765 x 4.56 = -0.040

            201.84 

LM : 1.765 x 0.860 = -0.008

             201.84

LA : 1.765 x 10.600 = +0.093

             201.84

Setelah menghitung koreksi Draught Mark, kita tinggal menghitung Mean Draught, Mean Of Mean dan Quarter Mean, dengan cara sebagai berikut :

Rata-rata Draught depan : (4.575 - 0.040) = 4.535

Rata-rata Draught Tengah : (5.690 - 0.008) = 5.682

Rata-rata Draught Blkang : (6.340 + 0.093) = 6.433

Mean Draught : 6.433 + 4.534 = 5.4840

                                       2

Mean Of Mean : 5.682 + 5.4835 = 5.58300

                                        2

Quarter Mean : 5.682 + 5.58275 = 5.632500

Setelah mendapatkan hasil Quarter mean selanjutnya kita hitung Displacement dengan cara Interpolasi angka Draught Quarter mean tadi dengan displacement yang ada di Hydrostatic tabel milik kapal. Kita hitung Interpolasi dengan cara sebagai berikut :

Data dari Hydrostatic tabel :

Draft  Displacement   TPC     LCF        MTC

5.63    35,250.75     69.99    -7. 23     1020.55

5.64    35,310.23     70.01    -7. 22      980.34

Displacement : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64 - 5.63) x (35, 310 - 35, 250.75) + 35,250.75 = 35,264.877

Jadi hasil Interpolasi dari Quarter mean didapatkan Displacement : 35,264.877

TPC : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64-5.63) x (70.01 - 69.99) + 69.99 = 69.995

Jadi hasil Interpolasi dari Quarter mean didapatkan TPC : 69.995

LCF : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64-5.63) x (7.22- 7.23) + 7.23= -7. 228

Jadi hasil interpolasi dari quarter mean didapatkan LCF : -7. 228

MTC : (1020.55 - 980.34) = 40.21

Setelah kita menginterpolasi Displacement, TPC, LCF dan MTC selanjutnya kita akan menghitung First Trim Correction & Second Trim Correction dengan Rumus sebagai berikut :

True/Actual Trim : 6.433 - 4.535 = 1.899

1st Trim : 1.898 x 69.995 x -7. 228 x 100 = -442.509

                                        217.00

2nd Trim : 1.898 x 1.898 x 40.21 x 50 = 33.376

                                        217.00

Displacement Correction Trim :

(35,264.877 - 442.509) + 33.376 = 34,856.487

Selanjutnya kita akan menghitung Density air laut yang nanti hasilnya akan dikurangkan dengan Displacement Correction Trim :

Displacement Correction Density :

(1.0195 - 1.025) ÷ 1.025 x 34,856.487 = -187.035

(34,856.487 - 187.035) = 34,669.452

Setelah kita menghitung Displacement correction Density kita jumlahkan total Deductable Weight untuk mencari Ballast Water Dan Constant dengan cara sebagai berikut : 

Data Deductable weight atau ROB dari Chief Officer :

FW : 210

FO : 1,450.97

DO : 210.55

LO : 47.69

Rumus Mencari Ballast water :

(34,669.452 - 210 - 1450.97 - 210.55 - 47.69 - 350-10225) = 22,175.242

Jadi Ballast water adalah 22,175.242

Total Deductable Weight adalah

BW : 22,175.242

FW : 210

FO : 1,450.97

DO : 210.55

LO : 47.69

TOTAL : 24,094.452

Initial Displacement : 34,669.452 - 24,094.452 = 10,575

Constant : Net Initial 10,575 - LightShip 10,225 = 350

Jadi Nilai Constant adalah 350 MT

Demikianlah cara menghitung Draught Survey Vessel semoga Ilmu perhitungan draught survey ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin belajar di dunia surveyor. Akhir kata Terima kasih dan sampai jumpa lagi pada postingan berikut nya. 




Posting Komentar untuk "Rumus Draught Survey Vessel "