Rumus Draught Survey Vessel
Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi tentang Rumus Draught Survey Vessel Dan Barge. Dan cara menghitung muatan dengan menggunakan rumus yang akan kita bahas pada kesempatan hari ini. Sebelum nya juga sudah diterangkan cara menghitung Draught Survey Vessel dan Barge.
A. Rumus Draught Survey Vessel
Pembacaan Draught Mark Sebagai berikut :
Kiri Kanan
Depan 4.56 + 4.59 = (4.56+4.59)/2 = 4.575
Tengah 5.67 + 5.71= (5.67+5.71)/2 = 5.690
Belakang 6.33 + 6.35 = (6.33+6.35)/2 = 6.340
Rumus Apparent Trim atau App. Trim๐๐:
(Mean AFT - Mean FWD) = Apparent Trim
Untuk menghitung Koreksi Draught Mark diperlukan koreksi dari buku tabel Hydrostatic dari kapal. Mengapa Draught Mark perlu dikoreksi? karena setiap kapal pembuatan nya berbeda-beda dan posisi Draught mark tidak tepat pada Perpendicular ( garis Hayal). Jadi setelah menghitung Draught mark yang kita baca seperti diatas masih harus dikoreksi dan dengan rumus sebagai berikut :
Data Dari Hydrostatic Tabel :
LF : 4.560 M
LM : 0.860 M
LA : 10.600 M
App. Trim : 1.765 M
LBP : 217.00 M
Light Ship : 10,225 MT
LDM/LBM : (LBP - LF - LA)-->>(217-4.56-10.60) = jadi LDM/LBM : 201.84 M
Density : 1.0195
Cara menghitung Koreksi Draught Mark :
LF : 1.765 x 4.56 = -0.040
201.84
LM : 1.765 x 0.860 = -0.008
201.84
LA : 1.765 x 10.600 = +0.093
201.84
Setelah menghitung koreksi Draught Mark, kita tinggal menghitung Mean Draught, Mean Of Mean dan Quarter Mean, dengan cara sebagai berikut :
Rata-rata Draught depan : (4.575 - 0.040) = 4.535
Rata-rata Draught Tengah : (5.690 - 0.008) = 5.682
Rata-rata Draught Blkang : (6.340 + 0.093) = 6.433
Mean Draught : 6.433 + 4.534 = 5.4840
2
Mean Of Mean : 5.682 + 5.4835 = 5.58300
2
Quarter Mean : 5.682 + 5.58275 = 5.632500
Setelah mendapatkan hasil Quarter mean selanjutnya kita hitung Displacement dengan cara Interpolasi angka Draught Quarter mean tadi dengan displacement yang ada di Hydrostatic tabel milik kapal. Kita hitung Interpolasi dengan cara sebagai berikut :
Data dari Hydrostatic tabel :
Draft Displacement TPC LCF MTC
5.63 35,250.75 69.99 -7. 23 1020.55
5.64 35,310.23 70.01 -7. 22 980.34
Displacement : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64 - 5.63) x (35, 310 - 35, 250.75) + 35,250.75 = 35,264.877
Jadi hasil Interpolasi dari Quarter mean didapatkan Displacement : 35,264.877
TPC : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64-5.63) x (70.01 - 69.99) + 69.99 = 69.995
Jadi hasil Interpolasi dari Quarter mean didapatkan TPC : 69.995
LCF : (5.632375 - 5.63) ÷ (5.64-5.63) x (7.22- 7.23) + 7.23= -7. 228
Jadi hasil interpolasi dari quarter mean didapatkan LCF : -7. 228
MTC : (1020.55 - 980.34) = 40.21
Setelah kita menginterpolasi Displacement, TPC, LCF dan MTC selanjutnya kita akan menghitung First Trim Correction & Second Trim Correction dengan Rumus sebagai berikut :
True/Actual Trim : 6.433 - 4.535 = 1.899
1st Trim : 1.898 x 69.995 x -7. 228 x 100 = -442.509
217.00
2nd Trim : 1.898 x 1.898 x 40.21 x 50 = 33.376
217.00
Displacement Correction Trim :
(35,264.877 - 442.509) + 33.376 = 34,856.487
Selanjutnya kita akan menghitung Density air laut yang nanti hasilnya akan dikurangkan dengan Displacement Correction Trim :
Displacement Correction Density :
(1.0195 - 1.025) ÷ 1.025 x 34,856.487 = -187.035
(34,856.487 - 187.035) = 34,669.452
Setelah kita menghitung Displacement correction Density kita jumlahkan total Deductable Weight untuk mencari Ballast Water Dan Constant dengan cara sebagai berikut :
Data Deductable weight atau ROB dari Chief Officer :
FW : 210
FO : 1,450.97
DO : 210.55
LO : 47.69
Rumus Mencari Ballast water :
(34,669.452 - 210 - 1450.97 - 210.55 - 47.69 - 350-10225) = 22,175.242
Jadi Ballast water adalah 22,175.242
Total Deductable Weight adalah
BW : 22,175.242
FW : 210
FO : 1,450.97
DO : 210.55
LO : 47.69
TOTAL : 24,094.452
Initial Displacement : 34,669.452 - 24,094.452 = 10,575
Constant : Net Initial 10,575 - LightShip 10,225 = 350
Jadi Nilai Constant adalah 350 MT
Demikianlah cara menghitung Draught Survey Vessel semoga Ilmu perhitungan draught survey ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin belajar di dunia surveyor. Akhir kata Terima kasih dan sampai jumpa lagi pada postingan berikut nya.
Posting Komentar untuk "Rumus Draught Survey Vessel "