Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengujian Penutup Palka

Marine Cargo Surveyor - Tahu kah anda penutup palka? Penutup palka sangat penting bagi kapal kargo, untuk memastikan pengangkutan barang yang aman melintasi lautan di dunia. Penutup palka dirancang untuk tahan terhadap kondisi laut yang buruk dan melindungi muatan dari kerusakan akibat masuknya air.

Namun, keandalan penutup ini bergantung pada pengujian rutin dan menyeluruh untuk memastikan penutup tersebut berfungsi sesuai desain. Artikel ini akan mengeksplorasi proses pengujian penutup palka dan signifikansinya dalam industri pelayaran.

Mengapa memilih Pengujian Integritas Kedap Air Ultrasonik?

Berbeda dengan pengujian alternatif seperti pengujian selang penutup palka, pengujian kebocoran ultrasonik bersifat cepat dan non-invasif, memungkinkan Anda memeriksa kebocoran dalam hitungan menit tanpa berdampak pada pengoperasian normal fasilitas Anda.

Ultrasonografi memungkinkan cara yang andal dan ilmiah untuk menilai kedap air. Sebaliknya, pengujian dengan kapur mudah dipalsukan. Portascanner® WATERTIGHT TOUCH adalah detektor kebocoran ultrasonik pertama di dunia yang mampu mengukur tingkat fisik setiap lokasi kebocoran dan menentukan laju aliran air yang melaluinya. Algoritme penghitungan ukuran kebocoran kami telah diuji dan diverifikasi secara independen oleh National Physical Laboratory, yang berarti Anda dapat memahami dan mengukur risiko yang ditimbulkan oleh setiap kebocoran atau segel.

Portascanner® WATERTIGHT TOUCH berisi fungsi pencitraan dan pelaporan bawaan untuk membuat proses survei selancar mungkin. Dukungan teknis, pelatihan, dan saran tersedia sepanjang masa pakai unit dan kami siap membantu Anda dengan aplikasi Anda.

Tujuan Pengujian Penutup Palka

Pengujian penutup palka bertujuan untuk mengevaluasi integritas struktural penutup dan kedap air, memastikan fungsinya dengan benar dan melindungi muatan selama transit. Hal ini penting untuk memastikan pengoperasian kapal kargo yang aman dan efisien. Proses pengujian memberikan informasi berharga mengenai kinerja penutup, sehingga memungkinkan dilakukannya perbaikan atau penggantian yang diperlukan sebelum penutup digunakan.

Tujuan pengujian penutup palka dapat dipecah menjadi beberapa tujuan utama:

1. Untuk mengevaluasi kekuatan dan stabilitas lapisan penutup: Lapisan penutup harus mampu menahan gaya yang diberikan padanya akibat kondisi laut yang buruk, serta berat muatan. Pengujian membantu menentukan apakah penutup dapat memenuhi persyaratan ini.

2. Untuk mengevaluasi kedap air pada penutup: Penutup harus mampu menahan air masuk ke dalam ruang kargo, bahkan saat hujan lebat atau gelombang tinggi. Pengujian membantu menentukan apakah penutup dapat mempertahankan segel kedap air.

3. Untuk mengidentifikasi potensi kelemahan atau cacat: Pengujian membantu mengidentifikasi area mana pun pada penutup yang rentan terhadap kerusakan atau kegagalan, sehingga memungkinkan dilakukannya perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

4. Untuk mematuhi peraturan: Banyak negara mengharuskan kapal kargo menjalani pengujian penutup palka secara berkala. Peraturan ini diberlakukan untuk menjamin keselamatan kargo, awak kapal, dan kapal.

Pengujian penutup palka bertujuan untuk memastikan fungsi penutup dengan benar dan melindungi muatan selama transit. Industri pelayaran dapat mempertahankan standar keselamatan dan efisiensi tertinggi dengan menguji penutup secara rutin.

Apa saja yang di tes dan tujuan nya pada penutup palka? 

Beberapa jenis pengujian dapat dilakukan pada penutup palka, antara lain:

Pengujian Tekanan Hidrostatis: Pengujian ini melibatkan pemaparan penutup palka pada tekanan air tertentu untuk menentukan kemampuannya menahan beban air yang tinggi.

Pengujian Tekanan Udara: Pengujian ini melibatkan pemaparan penutup palka pada tekanan udara tertentu untuk mengevaluasi kekencangan udaranya.

Pengujian Kelelahan: Pengujian ini melibatkan pemaparan penutup palka terhadap beban berulang dalam jangka waktu lama untuk mengevaluasi kemampuannya dalam menahan beban siklik.

Pengujian Kebocoran: Tes ini melibatkan pengisian ruang kargo dengan air dan memeriksa kebocoran pada penutup palka. 

Bagaimana Cara Kerja Deteksi Kebocoran Ultrasonik?

Deteksi kebocoran ultrasonik memanfaatkan karakteristik dasar gelombang suara untuk mengidentifikasi dan menemukan lokasi kebocoran air secara tepat di struktur mana pun. Ia memanfaatkan perilaku pemantulan dan penyerapan gelombang suara ketika terjadi pada batas antara struktur padat dan udara yang berdekatan dengannya.

PortScanner Pro Watertight Ultrasonic


Detektor kebocoran ultrasonik terdiri dari dua komponen utama: generator ultrasonik dan unit penerima. Generator ditempatkan di satu sisi struktur dan dinyalakan, mengisi ruangan atau kompartemen dengan ultrasound. Penerima kemudian ditempatkan di sisi lain struktur untuk memindai kebocoran.

Jika tidak ada kebocoran, USG dipantulkan atau diserap oleh struktur sehingga tidak ada USG yang terdeteksi oleh penerima. Ketika tongkat penerima diarahkan ke arah kebocoran, USG terdeteksi karena mampu merambat melalui jalur kebocoran. Pemantulan dan difraksi gelombang suara pada saat melewati jalur kebocoran dipengaruhi oleh besar dan bentuk kebocoran, artinya informasi mengenai besar dan bentuk kebocoran dapat diinterpretasikan oleh unit penerima.


source : https://coltraco-com.translate.goog/product-categories/hatch-cover-testing/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc


Posting Komentar untuk "Pengujian Penutup Palka"