Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Nilai Koreksi Draught Mark Di Hidrostatic Table

Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Selamat pagi jumpa lagi kita hari ini semoga sehat dan sukses selalu. Pada postingan kali ini Admin akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara mencari nilai koreksi Draft mark pada Hidrostatic table. 

Pada postingan sebelumnya Admin sudah membahas tentang Pengertian Draft Survey dan tahap melakukan Draft Survey. Untuk menentukan koreksi draft pada perhitungan Draft Survey kita harus membaca draft terlebih dahulu sebelum mencari nilai koreksi. 

Nilai koreksi Draft mark biasanya terletak pada bagian depan sebelum tabel data Hidrostatik. Koreksi Draft mark ini berisi tentang gambar posisi garis setelah tegak lurus baik depan, tengah maupun belakang. Mengapa Draft mark hasil pembacaan aktual ini harus dikoreksi? Jawabannya adalah karena posisi Draft mark yang telah kita baca posisinya tidak tepat pada tegak lurus. Pengertian tegak lurus itu secara kasar adalah gambar kapal persegi tidak ada tambahan bagian haluan dan buritan. 

Baca Juga :  Cara Perhitungan Kalkulasi Draft Survey Pada Kapal Atau Vessel

Maka dari itu draft mark yang kita perlukan untuk dilakukan koreksi. Kita harus memahami betul gambar yang tertera pada Draft Mark Correction, karena jika kita tidak memperhatikan maka koreksinya juga akan salah. Untuk memperbaiki koreksi bagian depan terletak di belakang tegak lurus dengan defleksi yang terdapat nilai minus jika berada di belakang tegak lurus. Sebaliknya bila posisi Draft tanda koreksi berada pada posisi didepan tegak lurus maka nilai defleksinya adalah plus. 

Draft Correction For Draught Mark

Dari hal diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa didepan perpendicular nilai defleksinya adalah plus dan apabila dibelakang perpendicular maka nilai defleksinya adalah minus. Jika seorang surveyor salah membaca grafik Draught mark, maka untuk perhitungan selanjutnya akan salah juga, jadi harus perlu diperhatikan ya gengs!!. 

Kondisi dimana kapal tidak perlu dilakukan koreksi Draught mark yaitu pada saat pembacaan Draught mark atau kapal berada tepat pada perpendicular. Biasanya untuk koreksi Draught mark belakang berada pada kemudi kapal, sehingga mendapatkan hasil koreksi Draught mark yang lebih kecil. Jadi intinya apabila posisi Draught mark semakin jauh dengan bagian kapal paling depan ataupun bagian paling belakang, maka nilai koreksi nya akan semakin besar. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Koreksi Draft mark kapal buatan china lebih sulit untuk dijangkau dari Koreksi Draft mark kapal buatan Jepang. Karena dari sisi pembuatannya sangat berbeda, sehingga kapal buatan Jepang lebih lengkap data tabel hidrostatiknya dari kapal buatan china. 

Demikian materi yang dapat Admin sampaikan, akhir kata semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua dan dapat menambah pengetahuan tentang Rancangan Survei. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Mencari Nilai Koreksi Draught Mark Di Hidrostatic Table"