Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada Kapal Atau Vessel

Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Selamat sore, jumpa lagi kita dengan Admin. Pada kesempatan kali ini Admin akan membuat postingan tentang bagaimana Cara Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada Kapal. Dipostingan sebelumnya Admin sudah membahas tentang bagaimana cara untuk  Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada Tongkang

Sebelum memulai Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada kapal atau Vessel, anda diharapkan untuk dapat memahami terlebih dahulu bagaimana Cara Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada Tongkang terlebih dahulu, karena pada dasarnya cara perhitungannya hampir sama dengan perhitungan Draught Survey tongkang, tetapi yang berbeda hanya beberapa penambahan seperti :

  • Kita perlu mengkoreksi Draft terlebih dahulu dengan LF, LM dan LA yang ada di gambar terdapat pada Hydrostatic Table dengan judul " Draft Correction "
  • Correction First Trim and Second Trim. 
  • Penambahan item TPC
  • Penambahan item LCF
  • Penambahan item MTC
  • Penambahan item ROB atau Total Deductable Weight
  • Penambahan item perhitungan Constant
  • Penambahan item Lightship
Nah lumayan banyak kan penambahan item perhitungan nya dibandingkan dengan cara perhitungan kalkulasi Draught Survey untuk tongkang yang lebih sedikit dibandingkan dengan perhitungan kapal. Jadi Admin sarankan untuk memahami betul cara perhitungan Draught Survey pada tongkang terlebih dahulu agar memudahkan ke tahap Perhitungan Draught Survey kapal atau Vessel. 

Sebenarnya untuk perhitungan keduanya dapat dilakukan dengan cara yang cepat, yakni dengan menggunakan formula atau rumus pada Microsoft Excel. Dan Formula ini dijual alias tidak gratis, karena ilmu ini sangat mahal Gengs!!. Tetapi Admin saran kan untuk selalu belajar menghitung secara manual menggunakan kalkulator, karena pada dasarnya komputer juga memiliki error atau pun kerusakan. Tujuan nya menghitung secara manual yaitu agar suatu saat ada beberapa masalah pada peralatan komputer dikemudian hari, anda tidak perlu pusing untuk memikirkan hal-hal yang tidak kita inginkan, karena kita sudah menguasai perhitungan Draught Survey kapal dan tongkang secara manual. 

Seperti biasanya sebelum kita menghitung Draught Survey kapal kita harus melakukan initial Draught Survey pada kapal yang masih belum bermuatan. Dengan cara membaca Draught mark terlebih dahulu dengan pihak kapal atau Chief Officer. Setelah kita keliling membaca semua Draught mark kapal lakukan persiapan alat tempur nya, yaitu :
  1. Buku dan alat-alat tulis tentunya
  2. Kalkulator. 
  3. Hydro meter ( untuk mengukur densitas air laut). 
  4. Sampling Can ( tempat untuk mengambil sample air laut
  5. Hydrostatic Table ( kita pinjam dengan pihak tongkang atau kapal disini Chief Officer atau Mualim I. 
  6. Tank Sounding Table
  7. Formulir Draught Survey
Setelah semua peralatan tempur sudah disiapkan semuanya, maka kita sudah bisa mulai menghitung nya contohnya dengan data sebagai berikut :

Data Draft : 

Draft Depan Kiri        : 4.66 M
Draft Depan Kanan   : 4.67 M

Draft Tengah Kiri      : 5.77 M

Draft Tengah Kanan : 5.80 M

Draf Belakang Kiri    : 6.83 M

Draft Belakang Kanan : 6.84 M

Bisa juga dibuat Draft seperti gambar dibawah ini :

Hasil Pembacaan Draught mark

Forward Draught
4.66 + 4.67
_____________ = 4.665 / -0.110 / 4.555
          2
Midship Draught
5.77 + 5.80 
____________ = 5.785 / - 0.005 / 5.780
          2
Afterward Draught
6.83 + 6.84 
____________ = 6.835 / +0.110 / 6.945
          2

D'MTC +0.5 : (Quarter mean + 0.5) = 6,272250

D'MTC -0.5 : (Quarter mean - 0.5) = 5,272250

Mean Draught : (6.945 + 4.555) / 2 = 5.7500
Mean Of Mean : (5.7500 + 5.780) / 2 =  5.76500
Quarter Mean : (5.81000 + 5.780) / 2 = 5.772500

Contoh Hydrostatic table
                      

Contoh Perhitungan Draught Survey
Displacement : (5.772250 - 5.77) / (5.78 - 5.77) x (35,008.55 - 34,985.72) + 34,985.72 = 34.991,00
First Trim Correction : -505
Second Trim Correction : 53
T P C : (5.772250 - 5.77) / (5.78 - 5.77) x (60.72- 60.71) + 60.71= 60.713
L C F : (5.772250 - 5.77) / (5.78 - 5.77) x (7.550- 7.552) + 7.552= -7. 552
M T C : (1,345.52 - 1,305.45) = 40.07
Apparent Trim : (6.835 - 4.665) = 2.17 Mtr
Displacement Correction Trim :
Density : 1.020
Density Correction : (1.020 - 1.025 ) / 1.025 = 
Displacement correction Density :
L B P : 217 Mtr
L F : 10.00 Mtr ( App Trim : 2.17 x 10 / LBM : 197 ) 
LM : 0.460 Mtr
LA : 10.00 Mtr
LBM : 197 Mtr (LBP - LF - LA) 
Actual Trim :

Lightship : 14,560 MT

Deductable weight 

Ballast Water : 17,575 MT
Fresh water : 250 MT
Fuel Oil : 1,275 MT
Diesel Oil : 210 MT
Lubricant Oil : 45 MT
Others : 0 ( Diisi Jika ada) 

Total Deductable weight : 19,355 MT
Initial Net Displacement : 14,910 MT

CONSTANT :  Initial Net Displacement - Lightship = 350 MT

Demikian lah Gengs!!! Perhitungan kalkulasi Draught Survey Kapal atau Vessel, semoga ilmu yang Admin share ini bermanfaat bagi anda yang mau belajar Draught Survey. Sekian dari Admin postingan kali ini. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Perhitungan Kalkulasi Draught Survey Pada Kapal Atau Vessel"