Tahapan Calculation Draught Survey
Marine Cargo Surveyor - Hallo Gengs!! jumpa lagi kita pada kesempatan yang sangat berbahagia dan sunyi ini. Pada postingan kali ini Admin akan membahas perihal tentang Tahapan Calculation Draught Survey, yang sebelumnya telah kita bahas pada postingan Cara Perhitungan Draught Survey Kapal.
berikut ini adalah tahapan - tahapan Calculation Draught Survey, yakni sebagai berikut :
A. Kalkulasi
Sebelum melakukan tahapan kalkulasi maka ada beberapa dokumen dari kapal yang harus dipersiapkan diantaranya sebagai berikut
1. Tabel hydrostatic/ stability booklet, dimana didalam dokumen ini akan terdapat data Dimensi kapal, Displacement, TPC, LCF dan MTC, terkadang juga ada data Koreksi lunas.
2.Tanks table, dimana berisi data volume cairan dari setiap tanki.
B. Tahapan-tahapan kalkulasi Draught Survey
1. Melaksanakan pembacaan Draught Mark pada kedua sisi kiri(depan, tengah dan belakang) dan sisi kanan(depan, tengah dan belakang).
2. Mencari nilai Mean Of Mean Corrected Draught dari hasil pembacaan Draught.
3. Mencari nilai Displacement pada Hydrostatik Table dengan referensi nilai Mean Of Mean Corrected yang telah kita hitung.
4. Mencari nilai koreksi trim pertama dan kedua.
5. Mencari nilai koreksi density.
6. Mencari nilai Displacement Kapal kosong atau muat setelah diperhitungkan berat cairan diatas kapal (consumable).
C. Koreksi-koreksi yang ada pada Draught Survey.
1. Koreksi pembacaan Draught Mark, Stem, Midship, Stern Correction.
2. Koreksi Trim (1st Correction & 2nd Correction).
3. Density Of Sea Water Correction.
4. List Correction apabila kemiringan kapal diatas 0.5 derajat
D. Ukuran Pokok Kapal Dalam Draught Survey
LBP: Length Between Perpendicullar adalah jarak yang diukur dari perpendicular depan sampai ke perpendicular belakang
Perpendicular: Garis tegak maya yang memotong lunas dan garis air sepanjang summer line
LF: jarak dari draught mark depan ke perpendicular depan
LA: jarak dari draught mark belakang ke perpendicular belakang
LM: jarak dari draught mark tengah ke perpendicular tengah
Apparent Trim: Trim semu dimana merupakan selisih antara rata-rata draft belakang dan draft depan, apabila hasilnya negative maka dinamakan trim by Head, bila hasilnya positif maka dinamakan trim by Stern
Actual Trim: Trim sebenarnya dimana merupakan selisih antara rata-rata draft belakang dan draft depan diperpendicular, apabila hasilnya negative maka dinamakan trim by Head, bila hasilnya positif maka dinamakan trim by Stern.
E. KOREKSI PEMBACAAN DRAUGHT
a. Draught Mark yang telah dibaca harus dikoreksi apabila :
1. Angka Draught Mark tidak terletak/terpasang tepat pada Perpendicular haluan, tengah dan buritan serta kapal mempunyai Trim.
b. Draught Mark yang telah dibaca tidak perlu dikoreksi apabila :
1. Angka Draught Mark tepat terletak/terpasang pada Perpendicular haluan, tengah dan buritan.
2. Walaupun Draught Mark tidak terletak/terpasang tepat pada Perpendicular akan tetapi pada saat dibaca tidak mempunyai Trim.
c. Koreksi : Jarak Draught Mark ke Perpendicular X Apparent Trim
LBM
Dimana :
L B M = Length Between Draught Mark.
LBM = LBP – ( LF + LA )
Catatan : 1. Koreksi (-) Untuk Draught haluan apabila Trim by Stern.
(+) Untuk Draught buritan apabila Trim by Stern.
2. Koreksi (+) Untuk Draught haluan apabila Trim by Head.
(-) Untuk Draught buritan apabila Trim by Head.
F. Perhitungan Koreksi Perpendicular
Steam Corr Foreward = App Trim X Jarak Draught Mark depan (LF)
LBM
Stearn Corr Afterward = App Trim X Jarak Draught Mark belakang (LA)
LBM
Steam Midship Corr = App Trim X Jarak Draught Mark tengah (LM)
LBM
Catatan :
Apabila :
Trim by Stern Draught Mark di belakang P.P Correction (-)
Trim by Head Draught Mark di depan P.P
Trim by Stern Draught Mark di depan P.P Correction (+)
Trim by Head Draught Mark di belakang P.P
Jarak draft mark ke P.P depan (LF) = 1 mtr
Posisi DM dibelakang PP
Posisi DM didepan PP
Posting Komentar untuk "Tahapan Calculation Draught Survey"