Karakteristik Ombak Dilaut
Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Selamat jumpa lagi kita di kesempatan yang sangat berharga ini. Pada postingan kali ini Admin akan membahas mengenai mengenai karakteristik ombak dilaut dan Admin sebutkan nama kondisi laut.
Pada dunia kemaritiman tidak akan lepas dari namanya ombak dan gelombang laut, tentu ini akan sangat menghambat perjalanan sebuah kapal yang akan mengirim barang dari satu tempat ketempat lainnya. Selain perjalanan gelombang besar akan menimbulkan bahaya bagi kapal tertentu yang melintasi perairan yang memiliki gelombang besar.
Ilustrasi Ombak Di Laut |
Demikian juga pada saat pelaksanaan Draft survey juga akan berdampak pada pekerjaan seorang surveyor dilaut, bagaimana tidak? Dengan membaca Draft mark pada saat adanya gelombang besar akan sangat sulit dilakukan membaca Draft mark oleh para surveyor dan chief officer, karena keadaan ini sangat tidak memungkinkan untuk melakukan Draft survey, sedangkan persyaratan pelaksanaan Draft survey maksimum gelombangnya adalah 0,5 sampai 1 meter.
Jika ini dilakukan akan terjadi dampak yang sangat buruk, yakni membaca Draft mark tidak akurat dan dapat menimbulkan short Cargo ataupun over Cargo. Maka dari itu sebagai seorang surveyor harus memahami betul tentang keadaan laut atau kondisi laut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Berikut ini adalah tabel karakteristik ombak dilaut dan bisa dijadikan referensi agar dapat melaksanakan Draught survey dengan benar dann aman.
Kode | Tinggi Ombak | Karakteristik |
---|---|---|
0 | 0 Meter | Calm Sea (Glossy) |
1 | 0 - 0.1 Meter | Calm Sea (Rippled) |
2 | 0.1 - 0.5 Meter | Smooth Sea |
3 | 0.5 - 1.25 Meter | Slight Sea |
4 | 1.25 - 2.5 Meter | Moderate Sea |
5 | 2.5 - 4.0 Meter | Rough Sea |
6 | 4.0 - 6.0 Meter | Very Rough Sea |
7 | 6.0 - 9.0 Meter | High Sea |
8 | 9.0 - 14.0 Meter | Very High Sea |
9 | Lebih 14.0 Meter | Phenomenal |
Posting Komentar untuk "Karakteristik Ombak Dilaut"