Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Latihan Soal Tentang Draught Survey

Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Selamat malam, jumpa lagi kita malam ini. siapkan kopi dan cemilan sebelum membaca Artikel ini. hehehee. Pada postingan kali ini Admin akan berbagi contoh soal dan jawaban terkait Draught Survey.

Contoh soal Draught survey ini biasanya digunakan untuk Assasement Surveyor untuk merefresh materi perihal pengetahuan tentang Draught survey. karena apabila soal teori ini jarang dipelajari akhirnya bisa jadi kita lupa. oleh karena itu Admin menyediakan sedikit contoh soal yang umumnya digunakan untuk Assasement seorang surveyor.

Ilustrasi

Berikut ini adalah contoh latihan soal dan jawabannya terkait Draugh survey :

1. Apa yang di maksud dengan Draught survey :

Suatu metode / cara yang dilakukan untuk mengetahui muatan kapal baik yang di muat / dibongkar dengan cara membaca  draf mark yang ada pada kedua lambung kapal sebelum dan sesudah pemuatan dengan memperhatikan konsumabel yang ada di atas kapal.Perbedaan Displacement pada saat Initial dan Final di sebut KARGO 

2. Draught survey menggunakan Acuan Hukum apa dan sebutkan bunyi nya :

Hukum ARCHIMEDES : Apabila sebuah benda di masukkan kedalam air maka benda tersebut akan mengeluarkan Volume zat cair yang besarnya sesuai dengan benda tersebut.

3. Sebutkan System Draught survey ?

a. System Metriks ( Meter )

b. System Imperial ( Feet )

4. Apa yang di maksud dengan Displacement :

Volume zat cair yang di pindahkan dari badan kapal yang terdiri dari Light ship / berat kapal kosong, constant, air ballast, air tawar dan bahan bakar.

5. Apa yang di maksud dengan TPC & TPI :

a. TPC : ( Ton per 1 Centi meter Imersion )Bobot / berat yang di perlukan untuk mengubah ( Mengangkat / Menenggelamkan ) mean draf kapal sebesar 1 centi meter Imersion.

b. TPI : ( Ton per 1 Inch Imersion )Bobot / berat yang di perlukan untuk mengubah ( Mengangkat / Menenggelamkan ) mean draf kapal sebesar 1 Inch Imersion.

6. Apa yang di maksud dengan MTC & MTI :

a. MTC ( Moment to change trim 1 Centi meter )Gaya gaya yang di butuhkan untuk merubah trim kapal sebesar 1 centi meter.

b. MTI ( Moment to change trim 1 Inch )Gaya gaya yang di butuhkan untuk merubah trim kapal sebesar 1 Inch.

7. Apa yang di maksud dengan LCF :

a. LCF : ( Length center of  flotation )Jarak titik pusat apung kapal yang di ukur dari Midship perpenticular yang bergerak bisa mendekati / menjauhi Midship perpenticular.

b. LCF : ( Longitudinal center of  flotation )Jarak titik pusat apung kapal yang di ukur dari Aft perpenticular yang bergerak mendekati Midship perpenticular.

8. Sebutkan 3 trim pada sebuah kapal :

a. Trim by head

b. Trim by stern

c. Even keel

9. Apa yang di maksud dengan Draf mark :

Serangkaian angka yang di pasang pada kedua lambung kapal Depan , Tengah, Belakang yang di pasang secara berurutan di cat dan di Las secara permanen, dan mempunyai skala tetap dan di gunakan untuk menentukan pembacaan draf mark.

10. Apakah yang di maksud dengan Plimsoll mark ( Markah kambangan ) :

Suatu tanda timbul yang di pasang pada kedua lambung kapal yang guna nya untuk membatasi muatan apabila sebuah kapal berlayar melewati Musim / Cuaca tertentu.

11. Sebutkan dua pedoman acuan SAFE LOADING / UNLOADING OF BULK CARRIER !

a. IMSBC Code – BLU Code ( International Maritime Solid Bulk Cargoes – IMO ) Edisi terakhir  2020

b. International Maritime of Dangerous Goods (IMDG) Code.

12.  Sebutkan apa aja persiapan palka sebelum pemuatan?

a. Pembersihan ruang palka

b. Pembersihan got-got, pompa lensa test

c. Keluarkan sisa peralatan pembersihan

13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Demurage dan Despatch Days?

a. Demurage

Charterer tidak dapat menyelesaikan pemuatan/pembongkaran dalam waktu yang telah ditetapkan dalam C/P.

Charterer bayar ganti rugi kepada owner perhari sesuai yang telah disepakati.

b. Despatch days

Jumlah hari yang dipercepat dari jumlah yang ditentukan untuk muat / bongkar dalam C/P

Charterer dapat discount besarnya ½ dari jumlah demmurage

14. Sebutkan Penggolongan Muatan

a. Muatan Basah

b. Muatan kering

c. Muatan kotor

d. Muatan bersih

e. Muatan berbau

f. Muatan halus/ peka

g. Muatan berbahaya

15.  Jelaskan Apa yang dimaksud dengan DEAD FREIGHT CLAIM dan Penyebabnya?

DEAD FREIGHT CLAIM adalah Aktual cargo yang dimuat  tidak mencapai quantity stowage plan yang telah dibuat Nakhoda kapal.

Penyebab :

a. Penataan muatan yang kurang baik sehingga broken stowage cukup besar.

b. Stowage Factor yang tidak sesuai seperti yang telah diinformasikan sebelumnya (SF aktual lebih besar dari yang diinformasikan dalam “ Cargo Declaration “ 

16. Terangkan apa yg dimaksud ruang rugi (broken  Stowage).

Broken Stowage  Adalah volume suatu ruangan yang tidak dapat ditempati oleh muatan, dapat disebut juga broken space.

17.  Sebutkan beberapa faktor penyebab terjadinya broken stowage.!

Faktor-Faktor Penyebab Broken Stowage :

a. Bentuk ruangan Palka/ ruang muat

b. Bentuk muatan itu sendiri

c. Penataan/ pemadatan yang tidak sistematis

18.  Jelaskan 5 Prinsip pemuatan !

   1. Melindungi ABK & buruh.

    - agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.

   2. Melindungi kapal.

 -agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga   stabilitas kapal.

   3. Melindungi muatan.

    - Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay   muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.

   4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis

    - Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.

   5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.

    - Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.

19.  Sebutkan pengelompokan muatan ditinjau dari sifat/mutunya!

1.Muatan basah

2.Muatan bersih

3.Muatan berbau

4.Muatan kering

5.Muatan berbahaya

6.Muatan peka

20.  Persiapan yang dilakukan untuk menerima muatan Container 

21. Siapakah penanggung jawab terhadap jenis dan sebab timbulnya kerusakan. Yang terlibat dalam hal pemuatan :

a. Shipper

b. Carrier

c. Insurance Compan

d. Consignee

Diantara keempatnya yang paling besar tanggung jawabnya terletak pada shipper dan carrier

22. Apa Yang dimaksud dengan To Protect The Ship? 

To Protect The Ship adalah melindungi kapal agar kapal tetap selamat dalam melaksanakan kegiatan selama muat, bongkar, maupun dalam pelayaran misalnya membahayakan kapal, tidak memuat melebihi daya muat/ memuat muatan yang membahayakan kapal ataupun memuat yang tidak sesuai dengan jenis kapalnya.

Demikian lah contoh beberapa soal mengenai Draught survey dan pemuatan, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, akhir kata dari postingan ini admin ucapkan sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya dan terima kasih

 

 


Posting Komentar untuk "Contoh Latihan Soal Tentang Draught Survey"