Pengertian Cargo Holds Dan Bagian-bagiannya
Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! selamat malam semua, jumpa lagi kita pada malam yang berbahagia ini. pada postingan kali ini Admin akan mencoba membahas tentang Cargo Holds atau istilah indonesia nya adalah Palka atau ruang muat kapal. mari kita belajar besama Gengs!! agar banyak pengetahuan kita. Apa sih Cargo Holds itu?
Seperti yang akan kita bahas pada postingan ini yakni, ruang muat kapal atau palka adalah ruang tertutup di dalam kapal yang dirancang khusus untuk menyimpan muatan seperti batu bara, biji-bijian, gula, semen atau garam. Palka ini biasanya terletak di bawah geladak kapal dan dapat menampung muatan apa pun dari 20 ton hingga 200.000 ton. Tujuan dari dibuatnya ruang muat kapal ini adalah untuk melindungi muatan saat akan diangkut ke tempat tujuannya, agar terhindar dari hujan, terbakar dan kontamionasi dengan muatan lainnya. Akses biasanya diperoleh melalui palka besar di bagian atas palka, dan kargo dapat dimuat dalam peti atau dibiarkan tidak dibongkar.
Dengan dibuatnya ruang muat kapal atau palka ini, muatan akan aman dan bebas dari kontaminasi dan terkena air. Banyak sekali masalah yang akan muncul ketika ruang muat kapal ini tidak dijaga, dibersihkan dan dipersiapkan secara menyeluruh sebelum pemuatan muatan selanjutnya. Jadi pembersihan Palka atau ruang muat kapal ini sangat penting. contohnya pada trip pertama kapal memuat batu bara dan menuju ke pelabuhan bongkar, setelah selesai bongkar akan merencanakan lagi di trip kedua akan memuat gula, maka palka harus dibersihkan, karena akan berdampak pada muatan selanjutnya yaitu terkena kontaminasi.Kapal Anchorage
Berikutt adalah beberapa gambar bagian-bagian Cargo Holds atau Ruang Muat Kapal :
1. Ordinary Bulkhead
Ordinary Bulkhead adalah bagian paling ujung pada ruang muat kapal. Ordinary Bulkhead ada 2 bagian, yakni bagian pemisah ujung depan dan bagian pemisah ujung belakang.Ordinary Bulkhead Forwad Ordinary Bulkhead Afterward
2. Corrugated Bulkhead
Corrugated Bulkhead adalah bagian pemisah antara palka satu dengan yang lainnya yang terhitung pada jumlah palka pada kapal tertentu.
3. Tank TopCorrugated Bulkhead
Gengs!! Tank Top disini bukan pakaian untuk wanita ya, Tank Top adalah bagian dasar palka atau lantai ruang muat kapal.
4. Side FrameTank Top
Side Frame adalah gading-gading atau kerangka Palka dan bagianya ada disamping kanan dan kiri palka.
Berikut ini adalah beberapa masalah yang akan terjadi apabila palka kapal tidak dibersihkan setelah muat muatan yang berbeda, diantaranya sebagai berikut :Side Frame / Gading gading
a. Kontaminasi
Kontaminasi dan infestasi kargo dapat terjadi jika palka tidak cukup dibersihkan, yang menyebabkan potensi klaim kerusakan muatan. Jika muatan sebelumnya tidak sesuai dengan muatan berikutnya, perhatian khusus harus diberikan agar tidak merusak atau menghancurkan produk lainnya. Bijih besi, misalnya, akan benar-benar kehilangan nilainya jika masih ada sisa-sisa muatan. Begitu pula dengan gula dan semen, jadi intinya palka harus dibersihkan.
b. Debris ( sisa muatan atau kotoran)
Sisa-sisa muatan dan kotoran yang masih tertinggal di palka seyogyanya harus dibersihkan terlebih dahulu agar terhindar dari kotoran, jadi harus dilakukan prosedur pengambilan sampel udara rutin untuk membersihkan pipa dari sisa-sisa muatan. Hal ini dilakukan agar palka tetap bersih untuk tujuan yang dimaksudkan dan kotoran tidak dapat bermigrasi ke dalam palka. Jika kotoran muatan terperangkap di salah satu bilges (got kapal), itu akan mengurangi efisiensi pemompaan yang keluar dari lambung kapal dan akan merusak mesin pompa.
c. Penumpukkan Material
Beberapa ton sisa-sisa muatan terkadang dapat tertinggal setelah muatan dikeluarkan dari palka, yang kemudian menyebabkan penumpukan. Jika tidak ditangani dengan benar, hal ini dapat menghambat proses pemompaan air dan dapat mengakibatkan bahan berlebih lmudah menempel pada permukaan, terutama bahan makanan yang tertinggal di lambung kapal juga dapat membusuk seiring waktu, memberikan bau yang sangat tidak sedap Gengs!!.
d. Korosif dan Kerusakan
Ada kemungkinan perlengkapan baja dan segel karet di dalam ruang kargo terkorosi atau rusak selama operasi bongkar muat muatan, yang dapat mengakibatkan klaim kerusakan terpisah. Area lain seperti sekat juga bisa rusak jika kapal tidak dibersihkan dengan baik. Penting untuk memastikan bahwa setiap air asin yang digunakan untuk membersihkan palka dibilas dengan air tawar untuk meminimalisir korosi dan untuk mencegah kontaminasi garam pada kargo di masa mendatang.
Kesimpulan nya, jika ruang muat tidak dibersihkan dan ditangani dengan benar, maka dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar pada muatan. Akhir kata postingan kali ini cukup sampai disini saja, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. terima kasih
Posting Komentar untuk "Pengertian Cargo Holds Dan Bagian-bagiannya"