Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Dalam Draught Survey

Marine Cargo Surveyor - Jumpa lagi gengs, dipostingan kali ini Admin akan mencoba membahas tentang Istilah-istilah yang ada di dunia Draught Survey. Seperti penjelasan sebelum nya Admin berharap anda memahami pengertian Draught Survey itu sendiri terlebih dahulu agar mudah memahami semua istilah yang ada di Draught Survey. Memang Ilmu Draught Survey itu susah susah gampang, tetapi bagi yang ingin mempelajari nya tentu suatu hal yang sangat menantang. 

Demi kelancaran pekerjaan bongkar muat di pelabuhan maupun di Anchorage, tentu sebagai surveyor harus menguasai perhitungan Draught Survey dan istilah-istilah yang ada didalamnya, karena bukan mustahil apabila tidak di barengi dengan ilmu pengetahuan yang cukup akan terasa kurang atau bahkan tidak bisa. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih memahami tentang kaidah-kaidah Draught Survey. 

Istilah kamis Draught Survey

Karena sebagai seorang surveyor harus mengerti apa yang harus dilakukan sebagai seorang surveyor. Di dalam dunia Draught Survey ternyata memiliki istilah-istilah yang sangat banyak apalagi dalam kamus pelayaran Dunia perkapalan tambah banyak lagi gengs. Admin akan mencoba mengulas sedikit demi sedikit tentang istilah-istilah yang ada di dalam Draught Survey. Admin mencoba mengurutkan dari A sampai Z diantaranya adalah sebagai berikut :

Afterward : Bagian sisi sebelah kiri dan kanan belakang kapal

After Mean Draught : Draught rata-rata  dari rata-rata draft belakang kiri dan rata-rata draft belakang kanan.

Apparent Trim : Selisih antara rata-rata Draft belakang dikurangi rata-rata Draft depan. 

Bilges : got kapal atau ruangan kecil yang terdapat dibagian bawah samping belakang kamar mesin, kamar pompa atau palka kapal yang digunakan untuk menampung cairan-cairan kotor,

Burlaps : Kain penutup Got Palka yang terbuat dari karung goni yang digunakan untuk menyaring air. 

Cargo Hold : Ruang muatan kapal atau tongkang (Disebut Palka) 

Cofferdams : Tangki pemisah antara tangki FResh water dan tangki Fuel oil.

Constant : Selisih antara Light ship dengan Initial Net Displacement kapal. 

Deadweight : Berat atau bobot mati kapal

Deductable Weight : Berat total semua konsumable kapal meliputi Ballast Water, Fresh Water, Fuel Oil, Diesel Oil and Others.

Deeptank : Tangki-tangki yang terletak pada bagian paling dalam kapal. 

Density : Densitas atau kadar air laut diukur kg/liter.

Displacement : Berat yang di timbulkan atau dipindahkan oleh volume air yang berat nya sama dengan volume benda tersebut. Mengacu pada hukum Archimedes. 

Draught Mark : Serangkaian angka-angka yang dilas dan dicat secara permanent pada lambung kapal bagian depan, tengah dan belakang sisi kiri dan kanan kapal atau tongkang, yang berfungsi untuk alat ukur kedalaman badan kapal yang ada didalam air.

Draught Survey : Suatu cara atau metode yang digunakan untuk menghitung muatan kapal dari dan ke pelabuhan bongkar dengan cara membaca angka draft yang ada pada sisi kanan dan kiri lambung kapal, yakni sisi depan, tengah dan belakang dengan mempertimbangkan cairan diatas kapal seperti air ballast dan konsumsi kapal seperti Fresh water, Fuel Oil, Diesel Oil, lubricating Oil dan Others.

Baca Juga : Pengertian Draught Survey

Even Keel : Kondisi dimana kapal atau tongkang bagian rata-rata draft depan dan rata-rata draft belakang sama atau kapal atau tongkang dalam keadaan trim 0 Meter.

Forward : Posisi bagian depan kapal atau tonkang

Forward Mean DraughtDraught rata-rata  dari rata-rata draft depan kiri dan rata-rata draft depan kanan.

Fresh Water : Air tawar uang yang digunakan untuk konsumsi Crew kapal dengan menyimpan nya di tangki Fresh water. 

Freeboard : Lambung bebas kapal atau tongkang, yaitu jarak antara bagian atas deckline dengan permukaan air pada suatu Draft

Hagging : Defleksi berat kapal atau tongkang terpusat di ujung kapal

Hatch Cover : Penutup ruang palka kapal

Intermediate : Waktu pertengahan pelaksanaan Draught Survey pada saat kapal sudah termuat.

Keel ( Lunas Kapal ) : Pelat bagiuan bawah kapal memanjang dari haluan ke buritan kapal.

L C F (Longitudinal Center Of Floatation) : Jarak  antara Draft tengah dengan Draft tertentu

L A (Length Afterward) : Koreksi Draft belakang diukur ujung lunas belakang ke Draft mark belakang. 

L B P (Length Between Perpendicular) : Jarak Garis maya atau garis hayal yang diukur sejajar dengan lunas atau linggi kapal. 

L F (Length Forward) : Koreksi Draft depan diukur dari ujung lunas depan ke Draft mark depan. 

Light Ship : Berat dimana kapal dalam keadaan kosong ketika selesai dibangun dan ditambah bangunan atau inventaris tetap kapal. 

L M (Length Midship) : Koreksi Draft tengah yang diukur tepat dibelakang perpendicular dengan Draft mark tengah. 

LOA (Length Over All) : Panjang keseluruhan kapal yang diukur dari ujung haluan ke ujung buritan

Lubricants : Minyak pelumas mesin utama, mesin bantu dan peralatan lainnya yang ada dikapal.

Midship : Posisi sebelah Tengah-tengah kapal atau tongkang

Midship MeanDraught rata-rata  dari rata-rata draft tengah kiri dan rata-rata draft tengah kanan.

Moulded Breadth : Lebar maximum diukur dari bagian kulit lambung kapal sebelah dalam kanan dan kiri.

M T C ( Moment To Change Centimeter) : Gaya yang dibutuhkan untuk merubah Draft dalam setiap 1 sentimeter.

R O B (Remaining On Board) : Sisa dari bahan bakar ada/tersedia di kapal. Data menyangkut bahan bakar dan minyak lumas disiapkan oleh Chief Engineer. 

Sagging : Defleksi berat muatan terpusat di tengah-tengah kapal atau tongkang

Sounding Meter : Meteran untuk mengukur kedalaman tangki-tangki kapal dengan menggunakan pasta air maupun minyak. 

Plimsollmark : Dalam bahasa Indonesia disebut Markah Kambangan, yakni suatu batas garis muat yang dilas secara permanen pada posisi ditengah sisi kiri dan kanan lambung kapal yang digunakan untuk membatasi muatan pada daerah tertentu.

Port Side : Posisi sebelah kiri kapal atau tongkang

Starboard Side : Posisi sebelah kanan kapal atau tongkang

T P C (Ton Per Centimeter Immersion) : Berat yang dibutuhkan untuk merubah pada Draft setiap 1 Sentimeter. 

T P I (Ton Per Inch Immersion) : Berat yang dibutuhkan untuk merubah pada Draft setiap 1 Inci. 

Trim : Sarat kapal atau tongkang, dalam keadaan ini kapal cenderung nungging ataupun dongak.

Ullage : Jarak antara permukaan cairan dalam sebuah tangki dengan puncak dalam tangki.

Water Tight : Kedap Air

Demikian lah istilah-istilah yang ada di kapal pada saat pelaksanaan draught survey, paling tidak kita harus memahami istilah-istilah diatas agar memudahkan pekerjaan kita sebagai surveyor. istilah ini akan selalu Admin update apabila dapat isitilah baru dari dunia perkapalan dan Draught Survey, semoga bermanfaat. sampai jumpa di postingan berikutnya. Terima kasih



Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Draught Survey"