Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trimming Kapal

Marine Cargo Surveyor - Halo Gengs!! Selamat pagi jumpa lagi kita hari ini. Pada postingan kali ini Admin akan membahas masalah mengenai Trimming Kapal. Karena dengan di Trimming nya kapal, kapal akan menjadi average atau tegak lurus dan tidak miring. 

Trimming kapal ini sangat penting untuk dilakukan pada muatan kapal karena dapat mempengaruhi banyak faktor apabila Trimming ini tidak dilakukan pada saat kapal akan completed. Biasanya seorang Chief Officer akan meminta loading Master untuk melakukan Trimming kapal pada saat kapal akan completed, dikarenakan sangat perlu nya kapal untuk di Trimming. 

Ilustrasi Trim Kapal
Pada dasarnya Trim adalah perbedaan antara rata-rata Draught belakang dikurangi rata-rata Draught depan, Arti kedua dari trimming adalah membawa kapal ke draft [atau trim] tertentu untuk lebih spesifik saat melakukan penyelesaian muatan. Secara sederhana, prosedur pendistribusian muatan dalam jumlah tertentu ke palka tertentu sehingga pada saat penyelesaian kapal mencapai draft dan trim tertentu disebut prosedur trimming pada bulk carrier.

Trimming yang benar akan menghasilkan trim sesuai keinginan chief officer yang akan melakukan perjalanan pengiriman barang, jika trim tidak sesuai atau lebih besar dari pada yang di perkirakan, maka kapal akan terjadi resiko bahaya kelebihan muatan ataupun dapat mengakibatkan over Draught, dan akhirnya menimbulkan masalah tidak bisa masuk pelabuhan tujuan karena over muatan ataupun over Draught. 

Sebelum melakukan perhitungan pemangkasan, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan 3 hal berikut yakni :

a. Sadarilah sebelum sepenuhnya draft pembatas kapal. Draf pembatas kapal dapat bergantung pada batasan di pelabuhan muat, pelabuhan pelepasan, zona garis muat, pelabuhan perantara seperti pelabuhan bunker atau transit kanal, dll. Intinya adalah bahwa perwira kapal harus sepenuhnya memahami draft pembatas kapal dan harus menguasainya betul. 

b. Selalu pertimbangkan beberapa sentimeter kelonggaran atau space pada ruang muatan terutama untuk kapal berukuran lebih besar dan memuat muatan dengan kepadatan tinggi. Perhatikan bahwa Chief  Officer yang bijaksana akan selalu memperhitungkan kelonggaran atau space pada ruang muatan untuk mencegah kelebihan muatan kapal. Overloading dapat menyebabkan banyak masalah bagi kapal. 

C. Selalu ambil pegangan kedua dari belakang (dan bukan pegangan ekstrim) untuk Trimming terutama untuk ukuran Panamax dan di atasnya. Untuk kapal yang memiliki 5 palka, palka ujung harus digunakan. Meskipun, aturan ini tidak ditetapkan di IMO dan pegangan apa pun dapat digunakan untuk melakukan operasi Trimming – tergantung pada persyaratan pemangkasan akhir dan/atau ruang yang tersedia di ruang muatan.   

Setelah hal di atas terpenuhi, jumlah Trimming yang cukup harus disimpan untuk Trimming akhir. Kuantitas ini harus ditingkatkan terutama saat pemuatan di pelabuhan di mana skala weigher tidak sering dikalibrasi dan kalibrasi yang salah dapat mengakibatkan pengurangan kuantitas Trimming yang direncanakan (karena kesalaha pada skala weigher dapat memuat kelebihan muatan, intinya harus dikalibrasi dengan baik Gengs!! 

Trimming pada kapal ini ada juga cara perhitungan nya dan akan Admin bahas pada postingan selanjutnya, akhir kata semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua, sampai jumpa lagi Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Trimming Kapal"